13 Maret 2008

First Ride TVS Apache RTR 160

Otak lagi mentok, iseng jalan-jalan ke Tangerang. Pas lewat Jl. Merdeka, No. 63, melihat dealer TVS Merdeka. Niatnya cuma refreshing, eh tertarik lebih dalam ketika melihat Apache RTR160. Soale, ini bukan motor bebek. Tapi, motor sport asli buatan Pabrikan India itu.

Jadi ingat sama yang dikatakan BLP Simha, Presiden Direktur PT TVS Motor Company Indonesia. “Kami akan launching TVS Apache akhir Maret,” ujar Simha ketika membuka launching tiga dealer TVS untuk Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi) di Novotel, Mangga Dua, Jakarta Pusat (01/03). KLIK - Detail

Aneh? Launching akhir Maret, tapi kok sudah ada alias nongol duluan ya. Ah, makin penasaran lagi deh. “Ini boleh dicoba kok, silakan saja,” ujar Michael Wiratno, pemilik dealer berskala 3S (Servis, Sparepart dan Sales) itu sembari menyodorkan kunci.

KLIK - DetailSebelum dikasih tahu untuk motor yang mana, Em-Plus sedikit bingung. Soalnya, ada empat pilihan warna berbeda dari Apache ini. Merah, hitam, silver dan kuning. Semuanya punya striping bermodel vertikal, mulai dari sepatbor depan hingga tangki.

“Motornya yang ini, lho,” kata Michael sembari menunjuk ke Apache kelir kuning. “Oh ya,” sahut Em-Plus. Masukan anak kunci, Em-Plus baru duduk. Dari segi duduknya, jadi ingat dengan motor sport buatan lambang sayap mengepak kapasitas 160 cc. Berat dan dimensinya, gak jauh beda!

Tapi, sedikit tercengang juga ketika pegang setang. Soalnya, Apache dilengkapi setang model jepit alias tipe sport. Isi kepala langsung berpikir, ‘wah nawarin gaya sporty dong’. Betul aja!

Begitu mesin mulai panas, kaki menjejak footstep sembari cungkil persneling. Congkel? Tuh kan, sport abies. Sebab selain pakai sistem 5 percepatan ungkit-injak, jarak footstep juga lebih ke belakang. Ini cerminan gaya sporty, bukan sport turing.

Lanjut jalan! Putaran gas dibuka seiring rpm mesin naik. Suara yang dikeluarkan mesin berkapasitas murni 159,7 cc ini tergolong halus. Bahkan begitu pindah gigi, tenaga Apache yang disokong semburan karbu vakum Mikuni 26 mm ini menyentak.

Ketemu lapangan, Em-Plus coba iseng berputar-putar. Awas pusing! He...he...he.... Ya nggak lah! Tapi mungkin setang Apache yang pusing. Soale nggak seperti layaknya motor sporty yang punya radius putar dikit, Apache malah lebih dalam. Mantap! Sudah begitu, jarak setang dari tangki pun, masih jauh pula.

Lelah muterin lapangan, lanjut jalan lagi. Sayang! Bensin di tangki nampaknya baru sedikit diisi. Maklum, motor tes. Soale, indikator bensin di spidometer digital mulai kedip-kedip.

Sembari jalan balik ke dealer, Em-Plus bertanya-tanya. Harga Rp 16,5 juta (on the road), sepadan nggak ya? Ya, dengan desain dan fitur menarik lain. Kayaknya bisa melawan! So, test ride?

SPESIFIKASI TEKNIK
Kapasitas mesin 159,7 cc
Bore x stroke 62 mm x 52,9 mm
Torsi maksimum 13,1 Nm/6.000 rpm
Daya maksimum 15,2 dk/8.500 rpm
Kompresi 9,5 : 1
Karburator Mikuni BS-26
Pengapian IDI-Dual Mode Digital Ignition
Sasis Double cradle SynchrosSTIFF
Suspensi depan Teleskopik, 105 mm stroke
Suspensi belakang Monotube Inverted Gas
Berat kosong 136 kg
Ban depan TVS Tyre 90/90-18
Ban belakang TVS Tyre 100/80-18
Kapasitas tangki 16 liter
Panjang keseluruhan 2.020 mm
Lebar keseluruhan 730 mm
Tinggi keseluruhan 1.100 mm
Radius putar kemudi 2.010 mm


motorplus-online.com

3 komentar:

badboy mengatakan...

berapa harga mobil tersebut?

kapan di rilis di indonesia??

Anonim mengatakan...

TOLOL!!! ini motor bung, bukan Mobil!!

Anonim mengatakan...

*NUMPANG PROMO, yach....
Daftarkan segera Handphone Anda.... dan dapatkan segera berbagai macam infonya dan tips2 seputaran Internet. Semua langsung dari Hp Anda. Caranya Gampang banget Anda hanya mengetik REG NET kirim ke 9789 (khusus pengguna telkomsel yach..) Mari gabung,,, ^_^