08 April 2008

Konsistensi Laju BMW

Jakarta - Dari tiga seri yang telah dijalani pada musim 2008, BMW setia menempatkan pembalapnya di podium. Konsistensi serupa juga dicatatkan tim tersebut jika menyoal catatan waktu yang dibukukan pembalapnya.

Meski belum pernah menempati podium tertinggi dalam balapan, satu dari dua pembalap BMW selalu mampu mengakhiri balapan di posisi tiga terdepan. Nick Heidfeld finis di posisi dua pada GP Australia, sedangkan Robert Kubica duduk di tempat kedua dan ketiga secara berurutan pada GP Malaysia dan Bahrain.

Selain mendulang poin dari naik podium, 
duo BMW tersebut juga masih bisa mengais angka dari posisi yang ditempatinya di luar tiga besar --posisi enam dan empat ditempati Heidfeld di seri kedua dan ketiga secara berurutan. Alhasil, BMW pun sukses duduk di posisi teratas konstruktor, meski para pembalapnya --yang juga ada di posisi dua dan tiga klasemen pembalap-- belum pernah menjuarai tiga GP yang sudah dijalani.

Konsistensi di setiap seri. Itulah yang diperlihatkan oleh tim yang berbasis di Hinwil, Swiss dan Munich, Jerman, tersebut. Pun ketangguhan dan kecepatan mobil F1.08 yang jadi senjata BMW juga layak diacungi jempol.

Tunggangan Heidfeld dan Kubica tersebut sudah terbukti mampu digeber kecepatannya. Hal ini terlihat dari laju Heidfeld yang sampai saat ini selalu mampu duduk di tiga teratas pencatat waktu 
lap tercepat.

Di Sakhir, catatannya dalam melahap satu lintasan, yang mana dilansir 
F1 Live, hanya kalah dari pembalap McLaren Heikki Kovalainen, dan mengungguli Felipe Massa, yang jadi jawara, dari Ferrari. Di seri kedua Sepang, Heidfeld bahkan mencatat fastest laps, di atas Kimi Raikkonen (Ferrari) dan Lewis Hamilton (McLaren). Sedangkan di Melbourne, pembalap Jerman itu membukukan waktu laptercepat ketiga di bawah duo McLaren, Kovalainen dan Hamilton.

Dari catatan tersebut terlihat bahwa tiga posisi teratas selalu diisi oleh tim yang itu-itu saja. Artinya pula, BMW sudah mampu menghadirkan tunggangan yang kecepatannya, setidaknya, dalam mengitari satu putaran, bisa menyeruak di antara mobil dua tim yang punya laju paling kencang: McLaren dan Ferrari.

Kalau timnya Mario Theissen itu sudah dimodali kecepatan yang tak kalah dari "
The Silver Arrows" dan "The Prancing Horse", sekiranya untuk meraih prestasi lebih tinggi mereka tinggal membenahi strategi dan reliabilitas, memelihara kesinambungan kecepatan dalam menuntaskan satu balapan penuh, serta ditambah sedikit taburan keberuntungan.


Catatan Lap Tercepat di Sirkuit Sakhir:

1 . H. Kovalainen - McLaren Mercedes MP4-23 - 1:33.193 (+ 0.000 ) - 49 laps
2 . N. Heidfeld - BMW Sauber F1.08 - 1:33.565 (+ 0.372 ) - 48 laps
3 . F. Massa - Ferrari F2008 - 1:33.600 (+ 0.407 ) - 38 laps
4 . K. Raikkonen - Ferrari F2008 - 1:33.709 (+ 0.516 ) - 35 laps
5 . R. Kubica - BMW Sauber F1.08 - 1:33.775 (+ 0.582 ) - 55 laps
6 . N. Rosberg - Williams Toyota FW30 - 1:34.072 (+ 0.879 ) - 57 laps
7 . J. Trulli - Toyota TF108 - 1:34.204 (+ 1.011 ) - 45 laps
8 . M. Webber - Red Bull Renault RB4 - 1:34.305 (+ 1.112 ) - 51 laps
9 . T. Glock - Toyota TF108 - 1:34.807 (+ 1.614 ) - 56 laps
10 . R.Barrichello - Honda RA108 - 1:34.855 (+ 1.662 ) - 40 laps
11 . G. Fisichella - Force India Ferrari VJM01 - 1:35.075 (+ 1.882 ) - 56 laps
12 . N. Piquet - Renault R28 - 1:35.129 (+ 1.936 ) - 31 laps
13 . F. Alonso - Renault R28 - 1:35.194 (+ 2.001 ) - 35 laps
14 . A. Davidson - Honda RA108 - 1:35.324 (+ 2.131 ) - 45 laps
15 . D. Coulthard - Red Bull Renault RB4 - 1:35.324 (+ 2.131 ) - 43 laps
16 . S. Bourdais - Toro Rosso Ferrari STR2B - 1:35.333 (+ 2.140 ) - 33 laps
17 . K. Nakajima - Williams Toyota FW30 - 1:35.433 (+ 2.240 ) - 30 laps
18 . A. Sutil - Force India Ferrari VJM01 - 1:35.442 (+ 2.249 ) - 55 laps
19 . L. Hamilton - McLaren Mercedes MP4-23 - 1:35.520 (+ 2.327 ) - 25 laps
20 . T. Sato - Super Aguri Honda SA07 - 1:35.891 (+ 2.698 ) - 56 laps
21 . J. Button - Honda RA108 - 1:36.125 (+ 2.932 ) - 11 laps
22 . S. Vettel - Red Bull Renault RB4 - No Time (+ - ) - - laps.


detik.com

Tidak ada komentar: